Selasa, 21 Februari 2012

101 gadget yang merubah dunia

Majalah sains dan teknologi terkenal, Popular Mechanics, baru- baru ini mengeluarkan daftar  gadget- gadget yang telah merubah dunia dan cara hidup manusia di dalamnya. Lis ini berisi berbagai temuan sederhana seperti lakban (duct tape) hingga temuan moderen seperti robot vacum cleaner Roomba. Berikut adalah sepuluh besar dari list tersebut.

10. Bola lampu


Bola lampu yang mampu dinyalakan dengan aliran listrik ini pada awalnya ditemukan dan dipatenkan secara terpisah oleh 23 orang penemu, termasuk Thomas A. Edison yang mempatenkan bola lampu yang memiliki filamen tahan lama ( 13,5 jam) pada tahun 1878. (source)

9. Jam beralarm

Jam beralarm yang pertama kali dibuat pada tahun 1876 ini dianggap mendorong revolusi industri pada masa itu karena mampu membangunkan orang dari tempat tidur dan tidak terlambat bekerja sesuai jadwal mereka. (source)

8. Phonograph

Salah satu temuan Thomas A. Edison. Suatu alat yang mampu merekam suarta. Alat ini dikenalkan pada publik untuk pertama kali pada tahun 1877. Peralatan ini dianggap sebagai cikal bakal berkembangnya dunia rekaman musik. (source)

7.  Telephone

Alat ini sebenarnya diciptakan oleh Alexander Graham Bell untuk membantu para penyandang tuli. Temuan ini di awali penemuan mikrofon pada tahun 1871, dan dikembangkan menjadi alat bicara jarak jauh pada tahun 1876. (source)

6. Penyejuk udara portable

Penyejuk udara dalam ukuran kecil serta mudah untuk dipindahkan dan dipasang untuk menyejukkan suatu ruangan, dikenalkan pertama kali oleh Willis Haviland Carrier pada musim panas tahun 1939 di New York. Pendingin ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh rumah tangga di Amerika dan dianggap pula sebagai awal dari perkembangan bioskop moderen, sebab pada masa itu gedung bioskop hanya ramai pada musim dingin dan tidak di musim panas. (source)

5. Personal computer

Sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1970, PC menjadi barang yang tidak terpisahkan dari dunia usaha serta rumah tangga di seluruh dunia. (source)

4. Alat suntik

Sejak ditemukan pada tahun 1844, alat ini memungkinkan pengobatann berbagai macam penyakit serta penanggulangan penyakit dengan menggiunakan vaksin. (source)

3. Televisi

Konsep televisi pertama kali di cetuskan oleh George Carey pada akhir tahun 1800-an, sedang TV moderen pertama kali dikenalkan publik pada tahun 1939. Saat ini televisi menjadi salah satu peralatan elektronik standar rumah tangga, dan menurut survei di Amerika menjadi sumber utama untuk berita dan hiburan. (source)

2. Radio

Dikenalkan di Inggris pada tahun 1896, radio merubah banyak kehidupan manusia, dari terbentuknya penyiaran publik, propaganda perang, sampai komunikasi dua arah dalam peperangan serta keadaan darurat lainnya. (source)

1. Telepon genggam dan smartphone

Pertama kali dikenalkan di Finlandia dan Jepang pada tahun 1970, penggunanya bertambah secara signifikan hingga saat ini hampir 75% penduduk dunia tidak dapat lepas darinya. Perkembangan pengguna ini terdongkrak dengan semakin majunya teknologi dari telepon genggam hingga muncul generasi baru yang disebut smart phone yang ditandai dengan munculnya Motorola DynaTAC 8000X pada tahun 1983. (source)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar