Selasa, 21 Februari 2012

The Grand Palace Complex Bukti Kemegahan Raja

Bangkok masih menyimpan satu kemegahan lain yang terpancar dari sebuah area bernama The Grand Palace Complex. Para pemenang BIA 2011 mendapat kesempatan istimewa untuk menyusuri satu komplek sarat sejarah yang berdiri sejak tahun 1782. Luas total area ini mencapai 218 meter persegi dan dikelilingi 4 sisi tembok yang panjangnya mencapai 1900 meter.

Namun anda jangan menyangka kalau bangunan ini adalah tempat tinggal raja dan pusat administrasi sebenarnya karena pada dasarnya tempat tinggal raja berada di Thonburi. The Grand Palace Complex terbagi menjadi 9 bangunan mulai dari Grand Palace itu sendiri, The Royal Monastery of Emerald Buddha, The Upper Terrace, Subsidiary Buildings, The Galleries, The Phra Maha Monthian Group, The Chakri Group, The Dusit Group dan The Borom Phiman Mansion.

Bangunan pertama yang jadi pusat perhatian para pemenang BIA 2011 ialah The Upper Terrace yang merupakan candi berlapis emas yang di dalamnya konon tersimpan abu Sidharta Gautama dari India.

Bangunan lain yang istimewa adalah The Royal Monastery of Emerald Buddha. Untuk masuk kesini kita wajib melepas alas kaki. Tempat ini menjadi sangat spesial dan dijaga khusus oleh petugas keamanan yang akan memperingatkan pengunjung untuk tidak memfoto isi didalamnya. Pasalnya di bagian dalam tersimpan patung Giok Buddha dengan 3 jubah musim baik itu musim kemarau, hujan, maupun dingin.

Di beberapa sudut bangunan kita juga bisa melihat stupa dari Candi Borobudur yang dibawa dan dipajang sebagai hasil pertukaran kebudayaan. Menuju akhir perjalanan, berdiri megah The Borom Phiman Mansion yang pintu gerbangnya dijaga khusus oleh penjaga. Bangunan ini awalnya dipakai oleh para Raja Thailand mulai dari Raja Rama V - IX namun sekarang dialih fungsikan untuk rumah tamu kepala negara lain yang berkunjung ke Thailand ataupun tamu-tamu Raja. [mot/timBX]

sumber : http://www.blackxperience.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar